Manfaat Asam Jawa

images Asam jawa (Tamarindus indica L) merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat denga rasa khas asam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2-5 yang terbentuk pipih dengan warna cokelat agak kehitaman. Buah Asam jawa ini selain digunakan untuk penambah rasa masam pada masakan sayur Asam (khas betawi) ternyata mempunyai khasiat untuk berbagai penyakit diantara khasiatnya adalah sebagai berikut:

 

Asma

2 potong kulit pohon asam jawa, 1/2 genggam daun saga, kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring, diminum 2 kali sehari.

 

Batuk Kering

3 polong buah asam jawa 1/2 gengggam daun saga, kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

Demam

1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya; kedua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

Alergi/Biduren (jawa)

2-3 golong buah asam jawa yang relah tua, garam secukupnya, 1/4 sendok kapur sirih. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 

Morbili

1-2 potong buah asam jawa yang telah masak, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari: kunyit dparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata: digunakan sebagai bedak/obat gosok bagi penderita morbili.

 

Sakit perut

3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya, semua bahan tersebut dicampur sampai merata, gunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut.

- 3 polong buah asam jawa, 1 potong gula aren, kedua bahan tersebut diseduh denga 1 gelas air panas, kemudian disaring, diminum biasa.

- 2 potong buah asam jawa, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Kunyit diparut, kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya dan diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Diminum biasa.

 

Reumatik

1 genggam daunasam jawa, 2-3 biji asam jawa (klungsu= jawa), kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Dipakai untuk kompres bagian yang sakit

 

sakit Panas

2 polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya, kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring diminum biasa.

 

Sriawan

2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potongg gula kelapa, semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring, diminum biasa.

 

Bengkak karena disengat lipan atau lebah

3-5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya, biji asam jawa ditumbuk halus, bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.

 

Luka borok

beberapa biji asam jawa, biji asam jawa ditumbuk halus, ditempel pasa luka, kemudian diperban.

Eksim dan Bisul

1 genggam daun asam jawa yang masi muda, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditempelkan pada bagian yang sakit.

 

Luka Baru

Daun asam jawa secukupnya, daun asam jawa dikunyah sampai lumat, ditempelkan pada luka.

 

Mencegah rambut rontok

Rendam beberapa biji asam jawa kedalam air. Kemudian, diamkan beberapa menit lalu urut kulit pala anda menggunakan larutan asam  jawa yang sudahdibuat tasi. Diamkan semalaman dan cuci rambut anda menggunakan sampo kesayangan. Lalu, bilas hingga bersih. seperti halnya dengan minyak esensial seperti lavender, jelantang, dan lemon, khasiat asam jawa untuk mengatasi kerontokan rambut tidak bisa dilihat dalam beberapa kali pemakain saja. Anda harus rutin dan telaten memakainya. Kemudian lihat dalam beberapa bulan kedepan, rambut rontok Anda akan berkurang.

 

 

Perhatian: Wanita Hamil tidak boleh meminum Ramuan Asam Jawa

2 komentar

  1. Mantap gan, sekalian saya pesan asam jawa nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja main kerumah saya. banyak tuh dibelakang rumah.. hehe

      Delete

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)

My Instagram