Mentalitas Berqurban Solusi Bangsa


Mahasiswa Program Pascasarjana UNIDA Gontor berpose bersama Rektor & Direktur Pascasarjana usai shalat Iedul Adha 1439 H

"Jika jiwa Qurban ini dipahami betul dan menjadi mentalitas  bangsa ini, maka Indonesia akan sejahtera dan mensejahterakan. jika pemimpin negeri ini, eksekutif, legislatif, pengusaha dan rakyatnya berfikir apa yang saya beri bukan apa yang saya dapat maka Indonesia akan makmur" demikian ungkap Ustadz Khoirul Umam dalam Khutbah Idul Adha 1439 H di Masjid Jami' UNIDA Gontor. 

Seluruh Civitas Akademika Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dan masyarakat sekitar kampus menggelar shalat Idul Adha, Rabu (22/8) pagi. Sholat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Jami' UNIDA Gontor. Sholat 'Ied kali ini diimami oleh Ustadz KH. Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. Dan Ustadz Khoirul Umam, M. Ec. Sebagai Khotib shalat Idul Adha. 

Pada khutbahnya, Ustadz Umam berpesan, agar dihari raya yang mulia ini kita merenung sudah sejauh manakah kedekatan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'aalaa. Seperti yang dijelaskannya,  Idul Qurban adalah hari raya untuk merayakan kedekatan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'aalaa. "Qurban, dalam bahasa Arab diambil dari kata Qo Ru Ba yang berarti dekat. Maka, apakah kita sudah bisa merayakan kedekatan kita kepada Allah dihari Idul Qurban ini."

Selain itu, dalam khutbahnya Ustadz Khoirul Umam yang merupakan Direktur Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor menjelaskan kaitan Ihsan dengan berqurban. "Melakukan perbuatan ihsan, mengharuskan kita memberikan lebih dari apa yang biasa diberikan. Ihsan disini lebih tinggi dari perbuatan adil, karena adil memberi kewajiban kita dan mengambil dari apa yang menjadi hak kita. Namun ihsan lebih dari itu, ihsan  memberi lebih dari kewajiban kita, dan kita mengabil lebih sedikit dari hak kita. Itulah makna ihsan dan itulah makna yang kemudian terkandung dalam kata  berQurban." Ungkapnya. 

"Perbuatan ini tidak mungkin akan dilakukan kecuali oleh orang-orang yang dekat dengan Allah. Sehingga kedekatan ini kemudian menjadikan orang tersebut selaliu merasa melihat Allah atau dilihat oleh Allah". Jelasnya. 

Usai shalat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan Qurban. Penyembelihan dilakukan di samping dapur umum. Tercatat, jumlah hewan qurban di UNIDA Gontor sendiri terdiri dari sapi 10 ekor, kambing 22 ekor dan domba 100 ekor.

0 komentar:

Post a Comment

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)

My Instagram